Cara Mencari Kelebihan dan Kekurangan Jurnal Terbaru 2023

Tulibot.id –¬†Cara mencari kelebihan dan kekurangan jurnal menjadi salah satu hal penting kalangan mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat karya ilmiah atau sedang skripsi. Biasanya jurnal menjadi referensi untuk menambahkan tulisan pada tugas mahasiswa, yang mana dapat terpercaya sumbernya.

Biasanya banyak dosen yang memberikan tugas kepada mahasiswanya untuk mereview jurnal atau karya ilmiah milik seseorang. Hal ini adalah sebagai bentuk latihan ketika nantinya mahasiswa harus menyusun tugas akhir atau skripsinya sendiri tanpa perlu kebingungan.

Sering membaca jurnal dan review, tentu saja mahasiswa akan mendapatkan insight tambahan berupa informasi yang mereka terima. Bahkan informasi yang terdapat pada jurnal terpercaya bisa saja memberikan mindset atau pemikiran kritis dari pembaca.

Namun tidak semua jurnal memiliki kelebihan yang bisa kamu ambil sebagai referensi bacaan maupun penulisan sebuah karya ilmiah. Ada beberapa jurnal yang kurang kredibel, sehingga harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu jika ingin dijadikan referensi tulisan.

Tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana cara mencari jurnal baik kelebihan dan kekurangannya melalui artikel berikut. Pastinya kamu nanti bisa memilih mana jurnal yang cocok dan relevan untuk referensi penyusunan tugas akhir atau skripsi.

Mengetahui Apa Itu Review Jurnal

cara mencari kelebihan dan kekurangan jurnal

Sebagai mahasiswa pastinya kamu sering mendapat tugas dari dosen untuk review jurnal dan membuat penulisan karya ilmiah. Hal ini menjadi wajar, ketika mahasiswa tersebut sudah memasuki semester akhir yang mana akan menyusun tugas akhir atau skripsi.

Semakin sering review jurnal, kemungkinan besar tulisan dari mahasiswa itu akan lebih rapi dan terstruktur berdasarkan referensi yang ia baca. Namun berbicara soal review jurnal, apakah kamu sudah tahu apa sih maksud dari review jurnal itu?

Bagi yang belum tahu, review jurnal merupakan kegiatan penilaian mengenai potensi serta pokok bahasan dari suatu artikel. Review jurnal akan memberikan pembaca mengenai penjelasan, investigasi, dan klarifikasi mengenai hal penting suatu artikel yang seseorang review.

Kegiatan seperti ini memang membutuhkan ketelitian dari pembaca, agar nantinya bisa menjelaskan pendapat pribadinya terhadap apa yang mereka baca. Atau secara sederhana review jurnal dapat kita definisikan sebagai kegiatan mengevaluasi dari suatu artikel yang seseorang baca untuk mendapatkan topik bahasan secara detail.

Selain mengevaluasi atau memberikan komentar dari artikel yang mereka baca, seorang reviewer juga harus memberi saran dan masukan. Kemudian mereka akan mengarahkan atau merekomendasikan kepada pembaca berikutnya tentang artikel yang sudah dibaca.

Tujuan Review Jurnal Ilmiah

Mungkin kamu sudah tahu bahwa jurnal menjadi salah satu sumber referensi bagi kalangan akademis untuk menuliskan karya ilmiah atau tugas tertentu. Nah dari fungsi utama jurnal yang mana memberikan informasi penting pada para pembaca, ada juga beberapa tujuan lain melakukan review jurnal.

Tak hanya sebagai modal untuk terbiasa membaca bahan referensi yang kredibel, namun kamu juga bisa menemukan wawasan baru dari jurnal. Berikut ini beberapa tujuan review jurnal yang coba kami rangkum untukmu.

  • Review jurnal sejatinya mampu melatih pemahaman penulis tentang topik bahasan.
  • Hasil dari review jurnal yang kamu lakukan bisa menjadi rujukan para pembaca pada penelitian lanjutan.
  • Membuka perspektif pembaca terkait pemahaman yang coba penulis jurnal sampaikan melalui tulisan tersebut.
  • Melatih pembaca untuk menambah tata bahasa dan frasa yang mungkin masih cukup asing.

Itulah tadi beberapa tujuan review jurnal yang bisa kamu cermati dan coba mulai dari sekarang. Sejatinya kegiatan membaca terlebih jurnal ilmiah, akan membuat seseorang menambah informasi terkait topik yang belum dipahami.

Cara Mencari Kelebihan dan Kekurangan Jurnal

cara mencari kelebihan dan kekurangan jurnal

Nah setelah mengetahui sedikit ulasan tentang review jurnal, mungkin kamu yang mahasiswa ini tertarik untuk mencoba ulas salah satu jurnal. Namun sebelum kamu mengulas jurnal, pastinya harus tahu juga tentang cara mencari kelebihan dan kekurangan jurnal untuk mendapatkan bacaan yang cukup menarik.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan jurnal, kamu akan lebih mudah memberikan komentar maupun saran terkait bacaan tersebut. Berikut ini beberapa kelebihan jurnal ilmiah yang bisa kamu cermati.

Kelebihan Jurnal Ilmiah

Setidaknya ada lima kelebihan dari jurnal ilmiah yang bisa kamu cermati sebagai bahan referensi untuk penulisan tugas akhir atau skripsi. Berikut ini simak beberapa kelebihan yang bisa kamu temukan dari jurnal ilmiah.

1. Pembahasan Detail

Seperti yang kita tahu bahwa jurnal ilmiah merupakan tulisan atau bahan referensi untuk para mahasiswa dalam menambah wawasan. Karena memang memuat informasi penting, jurnal tentu saja memiliki hasil penelitian yang detail dan rinci.

Detail jurnal tersebut dapat kita lihat mulai dari latar belakang, prosedur kerja, hasil penelitian, bahkan sampai kesimpulan. Semua bab tersaji secara detail, yang mana mampu memberikan pemahaman kepada pembaca terkait topik bahasan jurnal.

2. Memberikan Abstrak dan Kesimpulan

Dari hasil penelitian yang terdapat pada jurnal, mungkin saja tidak semua pembaca dapat memahami secara mudah maksud dari topik tersebut. Hal ini bisa jadi karena pembaca kurang memahami isi bacaan atau tidak membacanya secara menyeluruh.

Ketika seperti ini, pembaca biasanya bisa langsung menuju ke bagian kesimpulan yang memaparkan poin-poin penting dari isi bahasan. Bahkan sebelum masuk hasil penelitian, pada bagian abstrak jurnal pembaca dapat menemukan ringkasan singkat dari penelitian tersebut.

3. Penulisan Tersusun Secara Rapi

Selain beberapa aspek tadi, kelebihan dan kekurangan jurnal juga bisa kamu lihat dari struktur penulisan. Biasanya jurnal ilmiah memuat penulisan yang cukup urut dan rapi, sehingga memudahkan pembaca dalam mengulas materi pada topik bahasan.

Mulai dari judul, abstrak, pendahuluan, bahan metode, hasil penelitian, sampai ke daftar pustaka memiliki susunan yang berurutan dan rapi. Oleh karenanya, jika kamu ingin mendapatkan informasi baru terkait hal penting berdasarkan sumber valid, bisa membaca jurnal ilmiah sekarang juga.

4. Menggunakan Bahasa Yang Formal

Karena jurnal ilmiah menampilah pembahasan yang detail terkait topik penting, maka penggunaan bahasanya pun pasti formal. Sehingga pembaca lebih mudah memahami terkait isi bahasan dari topik tersebut.

Penggunaan bahasa formal dan lugas menjadi ciri dari jurnal ilmiah yang cukup recommend untuk bacaan. Terlebih bagi mahasiswa yang sedang mencari referensi bacaan untuk membantu penulisan tugas kuliah, tugas akhir, maupun skripsi.

5. Menampilkan Identitas Dari Peneliti 

Jurnal ilmiah tentu saja memuat identitas dari peneliti secara lengkap mulai dari nama, asal lembaga, maupun tahun penelitian yang ia lakukan. Jika peneliti lebih dari satu dan berbeda lembaga, tetap saja pada jurnal semua identitas akan termuat.

Sehingga ini memberikan contoh kepada pembaca bahwa setiap karya seseorang memiliki apresiasi tersendiri. Bentuk apresiasi atau hak karya milik seseorang dapat terimplementasikan dari termuatnya identitas penulis suatu jurnal ilmiah.

Kekurangan Jurnal Ilmiah

cara mencari kelebihan dan kekurangan jurnal

Selain kelebihan yang terdapat pada jurnal ilmiah, tentu saja juga ada kekurangannya bagi para pembaca. Hal ini karena jurnal merupakan karya buatan manusia, yang jelas tidak memiliki sifat sempurna.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tetap saja jurnal ada kekurangannya tersendiri yang bisa kamu cermati. Nah berikut ini beberapa kekurangan dari jurnal ilmiah yang mungkin bisa jadi tambahan informasi untuk para pembaca.

1. Tidak Ada Ruang Untuk Pembaca Menanggapi

Publikasi jurnal bisanya tidak menyediakan ruang untuk pembaca memberikan tanggapannya terkait topik yang mereka baca. Sehingga jika terdapat beberapa masukan dan saran yang ingin pembaca sampaikan, tidak dapat langsung tertuju kepada jurnal atau si peneliti tersebut.

Namun saat ini mulai ada beberapa jurnal ilmiah yang menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menanggapi publikasi. Bagi pembaca yang ingin memberikan tanggapan dari jurnal ilmiah, maka bisa langsung mengirimkannya melalui email, pengisian kuisioner, dan cara lain.

2. Mengandung Istilah Asing

Kelebihan dan kekurangan jurnal mungkin bagi sebagian kalangan yang sudah sering review sangatlah mudah ditemukan. Selain memang tidak tersedianya ruang untuk memberikan tanggapan, jurnal juga sering kali menampilkan bahasa atau istilah asing.

Sehingga bagi sebagian pembaca, istilah asing tersebut mempengaruhi proses pemahaman dari topik yang termuat pada jurnal. Agar kendala seperti ini bisa teratasi, biasanya penulisan jurnal ilmiah menyertakan footnote.

Bagi yang belum familiar, footnote adalah penjelasan atau keterangan dari istilah asing. Letak dari footnote ini berada pada bagian bawah teks halaman yang sama, untuk mempermudah pembaca memahami istilah asing tersebut.

3. Tidak Mendorong Adanya Penelitian Yang Berkelanjutan

Selain beberapa hal tadi, kekurangan dari jurnal ilmiah berikutnya adalah biasanya tidak mendorong adanya penelitian lanjutan. Sehingga pembaca atau calon peneliti lain kurang tergugah melanjutkan penelitian lanjutan meskipun sudah ada referensinya.

Tak hanya itu saja, penelitian yang bermanfaat pada bidang keilmuan juga belum banyak penerapannya terhadap kehidupan sehari-hari. Sehingga jurnal lebih cenderung sebagai referensi yang baik bagi penulisan karya ilmiah baru saja, meskipun kurang dalam hal pengimplementasian.

4. Singkatan Yang Tidak Jelas

Penulisan dalam jurnal ilmiah memang memiliki bahasa formal yang cukup lugas sehingga dapat memudahkan pembaca memahami topik bahasan. Namun jurnal biasanya juga terdapat beberapa penggunaan singkatan yang tidak jelas bagi kalangan pembaca.

Kebanyakan dari jurnal mengfunakan singkatan tanpa menyertakan penjelasan, yang tentu saja membuat sebagian pembaca bingung maksud dari singkatan tersebut. Namun terdapat solusi yang penulis jurnal berikan, yaitu dengan mencantumkan footnote.

Dengan adanya footnote, maka pembaca dapat lebih mudah memahami maksud dari singkatan. Ketika sudah memahami arti dari singkatan tulisan pada jurnal, tentu saja proses pemahaman terkait topik bahasan yang disampaikan oleh penulis lebih cepat teridentifikasi.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan pada para pembaca tentang cara mencari kelebihan dan kekurangan jurnal. Secara sederhana, jurnal merupakan salah satu sumber referensi yang terpercaya bagi mahasiswa dalam menyusun karya tulis maupun skripsi.

Dengan sering membaca referensi dari jurnal, mahasiswa akan lebih mudah mendapatkan tambahan informasi berdasarkan sumber kredibel. Semoga artikel yang kami berikan tadi dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, khususnya mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir.

Leave a Comment