Cara Daftar Magang Kampus Merdeka dan Persyaratannya

Tulibot.id – Apakah kalian sudah mengetahui bahwa Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) sudah merilis program Kampus Merdeka? Bagi kalian rekan mahasiswa yang belum mengetahuinya ataupun tertarik mengikuti program ini, silahkan simak cara daftar magang Kampus Merdeka di sini.

Beberapa tahun terakhir ini, pemerintah Indonesia sudah melaksanakan program bagi mengembangkan kompetensi mahasiswa di luar perkuliahan. Tujuannya supaya lebih siap dalam menghadapi kebutuhan industri saat ini. Program tersebut bernama Kampus Merdeka.

Kampus Merdeka adalah salah satu bagian dari kebijakan yang Kemendikbud Ristek ciptakan atau nama lainnya Merdeka Belajar. Kebijakan tersebut membuka peluang bagi para mahasiswa yang ada di Indonesia untuk mengembangkan kemampuan dan melakukan interaksi pada dunia kerja secara langsung.

Pada dasarnya, kebijakan tersebut diciptakan agar dapat mengembangkan potensi mahasiswa. Sehingga mereka bisa lebih siap dalam memasuki dunia kerja. Salah satu program yang tersedia untuk menunjang kesiapan mahasiswa pada dunia kerja yakni program Magang Kampus Merdeka.

Penjelasan Tentang Program Magang Kampus Merdeka

cara daftar magang kampus merdeka

Magang Kampus Merdeka adalah suatu program dari Kemendikbud Ristek (Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi). Dimana program magang tersebut di percepat dan di akselerasikan pada pengalaman kerja yang sudah dirancang dengan sebaik-baiknya.

Aktivitas Magang Kampus Merdeka tersebut menyediakan peluang bagi mahasiswa guna mengasah hard skill dan soft skill yang sebelumnya sudah mereka miliki. Tidak hanya itu, program ini pun memberi pengetahuan serta pengalaman baru pada dunia industri. Melalui cara bekerja dan belajar dengan langsung pada proyek ataupun permasalahan yang nyata.

Durasi untuk program ini yaitu selama satu hingga dua semester. Dimana waktu tersebut di anggap cukup untuk mahasiswa dalam memperoleh pengalaman kerja dengan profesional.

Di artikel ini kami akan menjelaskan tentang beberapa syarat dan cara daftar magang Kampus Merdeka. Jadi, baca terus informasi ini hingga akhir jangan sampai kalian melewatkannya.

Persyaratan Program Magang Kampus Merdeka

Ada beberapa syarat yang perlu di ikuti dalam mengikuti program Magang Kampus Merdeka ini, antara lain:

  • Mahasiswa harus terdaftar dan tak sedang mengambil cuti kuliah.
  • Tengah mengikuti perkuliahan D3 minimum semester 5. Dan S1 minimum semester 7.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 2.75.
  • Melakukan pengisian formulir pendaftaran PMMB.

Selanjutnya, menyerahkan dokumen masing-masing sebanyak rangkap 1 (satu) yang terdiri atas:

  • Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
  • Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB)
  • Surat Pernyataan
  • Surat Keterangan Sehat
  • Rekap Hasil Studi

Tidak hanya perlu melengkapi beberapa syarat di atas saja, namun mahasiswa yang jadi peserta program Magang Kampus Merdeka saat pelaksanaan pun di atur menggunakan beberapa mekanisme berikut ini.

  • Pada saat mahasiswa melamar atau mendaftar magang, mereka harus memperoleh persetujuan dari dosen pembimbing akademik mereka.
  • Harus mengikuti proses seleksi magang sesuai yang sudah ditentukan tempat magang.
  • Melaksanakan aktivitas magang dengan pengawasan supervisor magang dan dosen pembimbing.
  • Membuat buku catatan menurut tugas yang kalian lakukan.
  • Membuat dan memberi laporan kegiatan ke supervisor dan dosen pembimbing.

Cara Mendaftar Akun Kampus Merdeka

Sebelum kalian mendaftar program Magang atau Studi Independen, pastikan terlebih dahulu bahwa kalian telah membuat akun Kampus Merdeka.

Apabila belum mempunyai akun Kampus Merdeka, kailan dapat mengikuti tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama-tama, silahkan masuk pada website Kampus Merdeka melalui link kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.
  • Lalu tekan tombol “Masuk ke Akun” yang ada pada pojok kanan atas versi desktop. Jika kalian menggunakan HP silahkan tekan tombol “Masuk” pada pojok kanan bawah.
  • Tekan tombol “Daftar”.
  • Pilihlah peran sebagai “Mahasiswa” kemudian tekan tombol “Selanjutnya”.
  • Isi rincian informasi bagi akun yang hendak kalian buat berupa email dan kata sandi. Untuk password minimal 8 karakter dan terdiri dari kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, dan angka.
  • Jika sudah tekan “Selanjutnya”.
  • Masukkan beberapa data yang dibutuhkan seperti perguruan tinggi, program studi, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan tanggal lahir.
  • Lalu, centang di kotak persetujuan Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi. Kemudian tekan “Selanjutnya”. Data tersebut akan disesuaikan pada Data PDDIKTI. Sehingga mahasiswa harus terdaftar dalam sistem PDDIKTI agar bisa membuat akun Kampus Merdeka.
  • Perguruan Tinggi dan Program Studi adalah Pilihan. Sehingga mahasiswa harus klik dari opsi yang ada guna melanjutkan.
  • Lakukan pemeriksaan kembali apakah data telah sesuai atau belum. Apabila sudah, tekan “Selanjutnya”. Apabila belum, mahasiswa dapat mengecek data pada laman PDDIKTI atau dapat juga melaporkan ke administrais perguruan tinggi.
  • Apabila data-data telah benar. Email aktiviasi akan di kirim ke alamat email yang sudah mahasiswa daftarkan di langkah sebelumnya.
  • Bukalah pesan dari noreply-kampusmerdeka. Kemudian tekan link yang terdapat pada email guna melakukan aktivasi akun.
  • Sesudah melakukan aktivasi, akun telah aktif. Setelah itu mahasiswa bisa masuk ke Platform Kampus Merdeka.
  • Mahasiswa yang telah masuk berikutnya bisa melakukan eksplorasi pada laman Kampus Merdeka lebih lanjut.
  • Selesai.

Cara Daftar Magang Kampus Merdeka

cara daftar magang kampus merdeka

Jika cara mendaftar akun sudah berhasil kalian lakukan, maka tahap berikutnya kalian sudah dapat melakukan cara daftar magang Kampus Merdeka.

Namun, apabila belum mengetahui caranya jangan khawatir. Karena kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Kunjungi Situs

Langkah pertama yang harus kalian lakukan pastinya yaitu mengunjungi situs Kampus Merdeka terlebih dahulu melalui kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. Lalu login pada akun kalian.

2. Pilih Program

Setelah itu kalian bisa memilih program yang akan diikuti. Berikut caranya:

  • Apabila hendak mendaftar ke program Magang, tekan “Magang Bersertifikat” kemudian tekan “Cari Posisi Magang”.
  • Apabila hendak mendaftar ke program Studi Independen, tekan “Studi Independen Bersertifikat” kemudian tekan “Cari Kelas Studi Independen”.

Harus kalian ingat jika kalian belum menemukan lowongan Magang ataupun Studi Independen padahal telah memasuki masa pendaftaran, maka jangan khawatir. Kalian dapat mengecek laman dengan berkala sampai lowongan yang kalian inginkan tersedia.

3. Unggah Dokumen

Sebelum kalian memilih ataupun mencari lowongan yang ada, kalian wajib untuk mengupload dokumen SPTJM dan SR. Dokumen tersebut merupakan salah satu syarat utama dalam keikutsertaan di program MSIB.

Pastikan bahwa dokumen sudah sesuai format dan ketentuan. Tekan di “Lengkapi Dokumen” dan ikuti petunjuk berikutnya.

Dokumen hanya bisa diupload sebanyak satu kali saja dan tidak bisa diperbaiki. Kesalahan dokumen tersebut bisa berpengaruh ke eligibilitas kalian untuk mengikuti program MSIB.

Sehingga ketika mengunggah dokumen, pastikan kalian mengunggahnya dengan hati-hati.

Unggah Dokumen Perguruan Tinggi

Di laman ini, kalian bisa mendownload format SPTJM dan SR. Apabila dirasa telah tepat, kalian dapat mengupload pada laman yang sama melalui tekan “Pilih File”.

Ubah File Dokumen Perguruan Tinggi

Apabila dokumen yang kalian pilih dirasa masih belum tepat, kalian bisa mengganti file tersebut melalui tekan “Ganti File”. Ketika kalian tekan “Selanjutnya” kalian akan mendapatkan kesempatan terakhir guna mereview lagi file yang kalian upload dan memperbaikinya.

Periksa Kembali Dokumen

Di laman ini, kalian bisa melakukan pemeriksaan kembali file kalian. Kalian bisa mengganti file yang sudah diperiksa dengan cara berikut ini:

  • Tekan Periksa.
  • Lalu tekan Unggah ulang dokumen.
  • Kalian akan diarahkan pada halaman Unggah Dokumen Perguruan Tinggi.
  • Lanjutkan proses sebelumnya.

Proses Terakhir Unggah Dokumen Perguruan Tinggi

Kalian bisa tekan “Dokumen Sudah Tepat” dan berikan centang di kolom persetujuan yang menyatakan bahwa kalian telah memahami resiko jika terjadi kesalahan di dokumen akan mengakibatkan eligibilitas dalam keikutsertaan program.

Dokumen Berhasi di Upload

Apabila sudah di upload, maka kalian sudah tidak bisa mengganti file SPTJM dan SR lagi. Selanjutnya kalian bisa mulai mencari lowongan yang kalian inginkan.

4. Cari Lowongan

Kalian bisa melihat aktivitas ataupun lowongan yang ada dan melakukan filter kegiatan yang kalian ingikan. Caranya yaitu dengan tekan “Tambah Filter”. Lalu tekan “Cari”.

5. Pilih Kegiatan

Di tahap ini kalian bisa memilih salah satu kegiatan guna melihat detailnya dan mendaftar kegiatan tersebut.

Kalian bisa melamar atau mendaftarkan diri lebih dari 1 (satu) kegiatan. Namun, tiap satu semester hanya dapat menerima dan mengikuti 1 (satu) kegiatan saja.

Selain itu, tiap mahasiswa pun hanya dapat melamar hingga 22 kali saja dalam satu periode. Kalian juga akan menemukan notifikasi yang berisi pemberitahuan untuk jumlah kuota pendaftaran kalian yang tersisa.

6. Lihat Rincian Kegiatan

Di laman ini kalian bisa melihat detail atau rincian kegiatan. Misalnya kriteria peserta, deskripsi proyek, profil perusahaan, dan informasi tambahan yang lain. Apabila kalian tertarik dan ingin mendaftar, maka kalian dapat tekan tombol “Daftar”.

Sebagai informasi tambahan, tombol Daftar tersebut akan nonaktif apabila periode rekrutmen dari Mitra telah ditutup. Jika jumlah kuota telah terpenuhi juga akan nonaktif.

7. Isi Formulir Pendaftaran

Sesudah itu akan muncul formulir dan kolom yang harus kalian isi untuk pendaftaran. Apabila sebelumnya kalian telah melengkapi halaman profil, maka beberapa kolom berikut akan terisi secara otomatis menyesuaikan yang sudah kalian lengkapi.

Unggah Dokumen

Mahasiswa di minta untuk mengupload beberapa dokumen di bawah ini:

Wajib:

  • Curriculum Vitae
  • Transkip Nilai
  • Foto atau scan KTP kalian

Setiap dokumen dalam format PDF dan kurang dari 2 MB.

Opsional:

  • Sertifikat pengalaman organisasi
  • Dokumen tambahan

Jika sudah, tekan “Selanjutnya”.

Cek Kelengkapan

Pastikan bahwa informai yang tertera telah benar dan sesuai. Jika terdapat kesalahan pada data akademik, maka kalian bisa menghubungi sekretariat kampus kalian dengan segera. Lalu tekan “Selanjutnya”.

Kontak Pribadi

Lengkapi kontak pribadi yang berisi:

  • Email kampus : Isi dengan email pribadi kalian yang terdaftar pada kampus.
  • Nomor HP : Pastikan memasukkan nomor HP kalian yang masih aktif.
  • Alamat domisili : Isi dengan alamat tempat tinggal kalian saat ini.
  • Alamat KTP : Isi sesuai dengan alamat yang tercantum di KTP

Jika sudah kalian isi, lalu silahkan tekan “Selanjutnya”.

8. Periksa Kegiatan

Di langkah terakhir kalian bisa mengecek kegiatan yang kalian pilih. Selain itu, pada langkah terakhir ini kalian wajib untuk melakukan ceklis pada poin Pernyataan Kesanggupan dan Komitmen. Jika sudah tekan “Daftar”.

9. Selesai

Pendafaran pun terkirim. Mitra perusahaan akan mengecek dokumen pendaftaran kalian. Kemudian kalian bisa mengecek status pendaftaran melalui website Kampus Merdeka.

Akhir Kata

Itu tadi tutorial yang dapat kami bagikan tentang cara daftar magang Kampus Merdeka dengan lengkap dan mudah. Semoga tutorial di atas membantu dan berguna untuk kalian.

Leave a Comment